Monday, October 30, 2017

Cara Optimasi SEO Dengan Memasang Meta Tag (Title Tag, Description Tag, Keyword Tag)

Cara Optimasi SEO Dengan Memasang Meta Tag Pada Blog

Sebelumnya saya telah membahas artikel tentang perbedaan dari Wordpress dan Blogger. Nah sekarang kita masuk kedalam pembahasan tentang penggunaan meta tag dalam SEO. Meta Tag ini boleh dikatakan "udah dari sananya", kalau SEO itu cuman utak atik pengunaan meta tag SEO ini.

Yang membedakan adalah kejelian praktisi dalam memilih keyword dan memahami segmen audiens yang dibidik. Anda akan memiliki ketajaman tersendiri dalam menentukan keyword dan ini akan memegang peranan penting dalam menyukseskan suatu program SEO.

Title Tag Dan Cara Mengoptimalisasikannya ?

Title Tag merupakan judul dari sebuah website atau blog yang biasanya terdapat pada mesin pencarian, Title tag ini digunakan untuk memasang judul pada website anda.

Di Manakah Letak Title Tag 

Title tag terletak sesudah head dan sebelum /head pada blog anda. Jika anda membuat halaman baru menggunakan blogger, anda dapat melihatnya di "Edit HTML" dan cari dengan ctrl+f, setelah itu ketik "<title>" dan penutupnya "</title>".

Kode tersebut merupakan kode title tag yang dapat anda buat, atau sisipkan pada semua halaman blog anda, sesudah "<head>" dan sebelum "</head>"

Bagaimana Melakukan Optimalisasi pada Title Tag

Melakukan optimalisasi pada title tag sangat mudah, anda tinggal memasang kode dibawah ini bagi yang belum memiliki title tag tersebut. Silahkan pasang pada bagian sesudah "<head>" atau sebelum "</head>"
<title>Keyword 1, Keyword 2, Keyword 3</title>
Anda tinggal mengganti tulisan keyword 1, keyword 2, keyword 3 dengan ketiga keyword utama yang sudah anda terapkan. Lihat contoh pada gambar berikut.

Cara Optimasi SEO Dengan Memasang Meta Tag Pada Blog


Meta Description Tag Dan Cara Mengoptimalisasikannya ?

Meta description tag adalah tag dimana anda menempatkan keterangan singkat tentan perihal blog anda (isi blog), sehingga bisa dilihat oleh pencari informasi pada daftar hasil pencarian di search engine.

Cara Optimasi SEO Dengan Memasang Meta Tag (Title Tag, Description Tag, Keyword Tag)

Deskripsi website ini bisa anda isi dengan apa saja, yang terpenting mewakili isi situs anda atau dari jasa layanan yang sedang coba anda tawarkan.

Melakukan Optimasi pada Meta Tag Description

Meski pada prinsipnya anda dapat mengisi apa saja pada bagian meta tag description ini, namun sebaliknya anda juga mencantumkan/menyisipkan kata-kata yang berisi keyword utama yang anda bidik.
Semisal: "Mencari jasa desain website murah, kami penyelenggara pembuatan situs web murah."
Perhatikan contoh tersebut, ada permainan keyword yang anda bidik di dalam slogan. Nah, tentunya anda dapat membuat yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Contoh lain, "Sudah bisa membuat website sendiri? ingin menjadi nomor #1 di Google, saatnya anda belajar SEO! Ikuti kursus online panduan SEO bagi pemula di www.naimlog.com."
Dengan demikian kesempatan untuk dapat tampil pada urutan atas lebih terbuka. Anda dapat memasukkan keyword utama lansung dan menambahkan beberapa keyword lainnya dengan dipisahkan koma. Contoh.

"Hosting murah, Reseller hosting murah, domain murah, Reseller domain murah, dan lain sebagainya"

Membuat Meta Tag Description

Jika anda menggunakan blogger, sama saja seperti tutorial diatas ini apabila anda mengikutinya dari awal. Memasang Meta Tag Description sangatlah mudah, isilah dengan kata-kata yang anda kehendaki untuk menunjang SEO website anda.

Kode meta tag description seperti ini :
<meta name="description" content="SEO website, Blogger, Tutorial Blogger, Belajar Blogger, Jadi Blogger."/>
Sama seperti title tag, anda dapat menaruh/menyisipkan kode tersebut di halaman website anda, sesudah <head> dan sebelum </head>.

Anda dapat melihat meta tag description yang digunakan oleh kompetitor anda dengan cara melihat pada sumber kodenya, seperti yang sudah dibahas sebelumya tentang meta tag title. Menjadi sangat penting untuk melakukan riset kompetitor juga.

Artinya setelah anda melakukan riset keyword, sebaiknya anda luangkan waktu untuk juga melakukan riset website kompetitor. Setidaknya 20 website yang masuk ke dalam hasil mesin pencarian.

Dari ke 20 website itu, anda bisa melihat perbandingan permainan meta tag title dan meta tag description yang digunakan. Nah, anda tinggal mencontoh dan menyempurnakannya saja, karena ke 20 website tersebut sudah bagus optimalisasinya, mengingat website tersebut sudah masuk posisi 20 besar.

Meta Keyword Tag Dan Cara Mengoptimalisasikannya

Anda dapat menggunakan hingga 2000 keyword pada tag ini. Namun saran saya jangan terlalu banyak, 100/200 keyword udah cukup. syarat dan ketentuan mengoptimalisasi meta keyword tag hanyalah satu yaitu jangan melakukan pengulangan keyword! Karena dapat dikategorikan sebagai upaya spamming. 

Melakukan Optimalisasi pada Meta Keyword Tag

Cara melakukan optimalisasi sangat mudah, kumpulkan keyword yang berkaitan dengan isi website anda, namun sekali lagi, jangan mengulang-ulang keyword. Yang dimaksud mengulang-ulang keyword adalah anda memasukkan beberapa keyword yang sama. Seperti: Jual bunga, penjual bunga, dijual bunga, jual bunga, rangkat bunga, dan seterusnya. Pada keyword jual bunga, anda dapat memasukkan 2 buah keyword yang serupa. Cukup gunakan 1 keyword saja.

Anda juga dapat melihat keyword yang dipergunakan oleh kompetitor anda dengan cara sangat mudah. Masuk google, kemudian masukkan sebuah keyword, semisalnya Belajar SEO. Cari website pada urutan pertama atau kedua, kemudian masuk ke dalam website tersebut.

Apabila anda menggunakan browser Google Chrome anda dapat melihatnya dengan klik kanan setelah itu "Lihat sumber laman" atau "View Source" pada browser anda. Jadi anda tinggal melihat bagian dari keyword tag pada website tersebut.

Cara Optimasi SEO Dengan Memasang Meta Tag (Title Tag, Description Tag, Keyword Tag)

Anda juga dapat mengcopy keyword tersebut apabila website anda sesuai dengan niche/tema website yang telah lihat kodenya tersebut. dan juga pastikan tidak ada keyword yang sama, oleh karenanya ketelitian anda sangat diperlukan.

Membuat Meta Keyword Tag

Silahkan ke menu Edit HTML anda bagi pengguna blogger, terapkan kode dibawah in ke dalam website anda.
<meta name="keywords"  content="belajar seo, belajar seo blogspot, belajar seo wordpress, belajar seo untuk pemula, belajar seo pemula, belajar seo para pemula, belajar seo blog, panduan belajar seo" />
Anda dapat mengubahnya sesuai tema pada blog anda, jadi misalnya tema blog kalian kesehatan, jadi isi keywordnya tentang kesehatan. dan jangan lupa taruh sesudah <head> dan sebelum </head>.

Bagaimana, mudah bukan ? mungkin ini adalah bagian akhir dari pembahasan kita pada kali ini tentang Cara Optimasi SEO Dengan Memasang Meta Tag (Title Tag, Description Tag, Keyword Tag). Mungkin itu saja, sekian terimakasih.

Wassalam.
Cara Optimasi SEO Dengan Memasang Meta Tag (Title Tag, Description Tag, Keyword Tag)
4/ 5
Oleh