Tuesday, September 26, 2017

Mana Yang Lebih Bagus, Wordpress, Wordpress.org Atau Blogger ? Dan Apa Perbedaannya

Mana Yang Lebih Bagus, Wordpress Atau Blogger ? Dan Apa Perbedaannya.

Seorang Blogger pemula akan menimbang-nimbang banyak hal untuk menentukan langkah pertama dalam dunia blogging setelah mengetahui seluk beluk tentang blog, fungsi dan manfaat. Tindakan paling penting dalam dunia blogging adalah membangun blog, mengisi, mempopulerkan, dan merawatnya. Tidak ada yang sulit untuk memilai membuat sebuah blog. Hanya saja, setiap calon blogger harus memahami lebih dahulu jenis-jenis platform yang ingin digunakan.

Mengapa ?

Platform bersifat jangka panjang dan bahkan tidak bisa diubah kecuali pindah. Platform adalah tempat dimana kita membuat sebuah blog tersebut.

Mana Yang Lebih Bagus Worpress Atau Blogger ?

Penting! Blogger pemula perlu mengetahui kelebihan dan keuntungan menggunakan platform yang telah ada. Platform populer yang bisa dijadikan rekomendasi untuk blogger pemula dan bersifat gratis adalah tiga diantaranya, yaitu wordpress.com, wordpress.org, dan blogger.com. Lebih jelas berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform.

Blogger.com

Blogger.com merupakan platform gratis yang diluncurkan perusahaan Pyra Labs 1999. Selanjutnya, Google mengakuisisi platform ini pada 2003. Platform pertama dan populer dikalangan blogger pemula dan bahkan masuh digemari oleh beberapa blogger atau yang populer dengan blogspot. Dapat dipastikan platform ini akan bersinergi dengan Google. Sinergi dalam bentuk apa? Mari kita pelajari lebih lanjut hubungan keluarga antara blogger.com dengan google.

Beberapa kelebihan dari platform blogger.com adalah sebagai berikut:

  • Gratis, Platform ini akan memberikan domain (nama/alamat blog) dengan cuma-cuma beserta hostingnya (penyimpan data). Namun bentuk domain kita akan ditambahkan blogspot.
  • Fitur lumayan lengkap, layanan tambahan untuk mengoptimasikan blog tidak memerlukan plug in tambahan dan tinggal digunakan saja. Berbeda dengan wordpress.
  • Tanpa iklan dan bisa diatur sesuai keinginan untuk meraup penghasilan, Google baik dan santun meski ia memiliki hak penuh atas blogger. Urusan iklan ia tidak akan meletakkan pada halaman blog kecuali dipasang secara sadar oleh pemiliknya. Bahkan blogger dibebaskan untuk mengatur tata letak dan ukuran dari iklan yang ingin dipasang.
  • Sangat mudah digunakan, kemudahan untuk bisa mengatur iklan yang diberikan oleh blogger. memungkinkan blogger untuk mengaplikasikan HTML eksternal (yang tidak terdapat dalam blogger). Sebab setiap iklan pasti menggunakan sistem HTML yang itu justru sulit diaplikasikan dalam wordpress. Iklan adalah salah satu sumber penghasilan blogger secara tidak lansung.
  • Posting artikel sebanyak-banyaknya, ruang penyimpanan data di blogger sepenuhnya disediakan oleh Google. Blogger tak perlu pusing memikirkan sisa gosting atau pun meng-upgrade-nya.
  • Bisa buat 100 blog dalam 1 akun, kelebihan selanjutnya adalah 'beternak' akun. Hal ini kaitannya dengan Google Adsense. Semakin banyak akun yang kita punya maka semakin mudah kita mendapatkan penghasilan dari blog. Fantastisnya adalah 100 blog itu gratis semua. Bagaimana, siap menjadi peternak akun ?
  • Super aman karena dikelola oleh Google. namanya juga anak pasti akan dijagain induknya. Pun dengan blogger akan dijaga penuh oleh Google segala sesuatu terkai urusan rumah tangganya.
  • Jarang Down karena server milik Google, sebagai perusahaan raksasa didunia dan memiliki server besar pula memberikan jaminan kepada blogger bahwa blogger sebisa mungkin tidak akan down kecuali bedah server yang dilakukan oleh Google.
  • Bisa ganti template dan edit template sesuai keinginan, kemudahan google menerima HTML Eksternal berdampak dapat memudahkan pengganti template dan edit template sesuai keinginan blogger. Pilihan template pun variatif bisa dari gratisan hingga premium. Cara Menganti template di blogger.
  • Terintegrasi dengan Google Adsense dan Google+, keuntungan lebih lainnya adalah integrasi antara blogger dengan google adsense dan juga google+ sehingga mudah di indes oleh google dan dipopulerkan di halaman pencarian miliknya. Blogger sudah selangkan lebih maju tanpa kelar keringan untuk mempublikasikan postingan terbaru di blog
  • Bisa custom domain (domain berbayar), top level domain (TLD), biar tampak profesional dan menekan anggaran tahunan maka blogger juaranya. Sebagai 'anak emas' Google, blogger memberikan custom domain yang dapat diubah menjadi top level domain. Cara Membeli Domain Di Indomaret.

Bagaimana dengan kekurangannya ?

Kita tahu bahwa blogger merupakan milik google. Tentu segala sesuatu, otoritas tertinggi berada ditangannya. Sehingga sebagai penikmat dan pemanfaat produk dari Google kita harus tahu diri. Tunduk terhadap ketentuan dan peraturan yang ditetapkan oleh google menjadi syarat utama kecuali rela untuk dibanned atau dihapus tanpa diberitahukan.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan blogger, platform ini direkomendasikan bagi blogger pemula dan profesional yang inin mendapatkan uang lebih banyak dari adsense dan iklan google lainnya.

Wordpress.com

Platform ini mirip dengan blogger karena tidak perlu membayar ketika menggunakannya alias gratis dan mudah digunakan. Salah satu perbedaan antara keduanya adalah perusahaan yang mengelola. Jika blogger dikelola oleh google, sedangkan wordpress didirikan oleh perusahaan Automattic.

Berikut beberapa kelebihan dari platform wordpress:

  • Gratis
  • Tidak perlu memikirkan SEO, karena sudah terintegrasi di dalamnya
  • Sangan mudah digunakan
  • Banyak sekali theme gratis di dalamnya
  • Jarang down
  • Bisa dicustom domain sesuai kemampuan blogger
  • Aman digunakan

Bagaimana dengan kekurangan wordpress.com ? Sebagai produk gratisan maka pengguna wordpress harus patuh terhadap peraturan yang diberlakukan oleh perusahaan Automattic, kecuali menginginkan untuk banned. Kapasitas penyimpanan data terbatas hanya sekitar 3 GB. Plug in yang dapat diunduh pun terbatas.

Wordpress tidak cocok untuk Adsense namun bagus untuk wordAds. Dengan demikian, layanan wordpress sangat cocok digunakan untuk personal blog untuk sekedar hobi menulis yang tidak terlalu memerlukan layanan data yang besar. Sangat tidak disarankan untuk digunakan blog film atau download yang memerlukan penyimpanan data yang begitu besar, kecuali sebatas menerbitkan link download saja.

Wordpress.org

Platform ini juga tidak jauh berbeda dengan blogger, karena sama-sama tidak perlu membayar ketika menggunakannya alias gratis. Namun demikian, wordpress.com juga sangat mudah digunakan.

Banyak anggapan platform wordpress.org sama dengan wordpress.com. Ternyata hal anggapan tersebut tidaklah benar. Platform wordpress.org dapat digunakan untuk instalasi aplikasi wordpress.com didalamnya. Wordpress.com dapat diakses dengan gratis sedangkan wordpress.org harus membeli domain dan hosting secara personal untuk memperoleh layanan yang disediakan. Berikut kelebihan wordpress.org:

  • Tidak ada peraturan, tak seperti platform blogger, platform ini memberikan hak penuh kepada blogger untuk mengelola dan berekspresi.
  • Gratis dan bersifat open source, blogger berhak untuk menggunakan tanpa dipungut biaya dan mendapatkan akses untuk mengedit HTML-nya.
  • Fitur sangat lengkap.
  • Banyak sekali plug in yang bisa digunakan, plug in merupakan tools tambahan yang bisa diperoleh dengan cara mendownload plug in tersebut agar meningkatkan pengaturan yang ada di blog. Plug in ini juga ada yang gratis dan berbayar sesuai kebutuhan.
  • Banyak theme gratus yang bisa digunakan, Theme merupakan desain tampilan yang dapat dilihat pembaca pada saat pertama kali membuka blog kita. Wordpress.org telah memberikan theme yang tidak rumit, serasi dengan isi konten, serta ringan saat diakses atau responsif.

Bagaimana dengan kelemahan wordpress.org ?

Layanan wordpress.org mengharuskan blogger untuk memberi domain dan hosting agas bisa menikmati layanan yang ada. Tentu kita harus menganggarkan biaya sewa domain dan hosting untuk keberlanjutan blog kita. Beban pengelolaan ada pada admin namun demikian meskipun memiliki akses penuh kita tidak boleh menyepelekan peraturan UU ITE. Platform ini cocok untuk blogger profesional seperti internet marketer, pebisnis, dan perusahaan besar yang bergerak dalam bisnis online maupun bukan

Bagaimana? Semua kembali kepada sahabar untuk bisa memilih platform sesuai dengan tujuan pembuatan blog, hobi, bisnis atau sekedar menulis. Sehingga selama melakono sebagai blogger kita justru selalu termotivasi untuk mengaktualisasikan diri. Bahkan kalau perlu menemukan hobi dan pekerjaan baru, bukan begitu? Seiring berjalannya waktu, juga anda dapat belajar tentang SEO.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya tentang Mana Yang Lebih Bagus, Wordpress, Wordpress.org Atau Blogger ? Dan Apa Perbedaannya. Semoga bermanfaat bagi blogger yang ingin memilih platform yang cocok untu blognya.

Terima Kasih.
Mana Yang Lebih Bagus, Wordpress, Wordpress.org Atau Blogger ? Dan Apa Perbedaannya
4/ 5
Oleh